Lapindo Bagi-bagi THR ke Setgab Korban

TEMPO.COSidoarjo-Warga korban semburan lumpur Lapindo sedang diuji saat Ramadan tahun ini. Di tengah belum mendapat kepastian pelunasan sisa ganti rugi dari Minarak Lapindo Jaya (MLJ), mereka harus menerima kenyataan bahwa oknum Sekretariat Gabungan Korban Lapindo, justru mendapat duit THR dari MLJ.

Sumber Tempo, mengatakan oknum Setgab Korban Lapindo mendapat duit THR dari Andi Darusalam, Direktur Utama MLJ. “Kasihan warga di luar Setgab. Justru Setgab Korban Lapindo mendapat THR,” kata ia kepada Tempo, Minggu 4 Agustus 2013. 

Sumber Tempo menunjukkan pesan singkat yang masuk ke telepon genggamnya. Isinya: Kelihatan pupus harapan warga menunggu kabar pembayaran lebaran… Sampai siang ini belum ada tanda2 kabar. HP ads (Andi Darusalam) dan staff MLJ sama sekali tdk menjawab sms warga yg bertanya. Padahal warga tahu staf2 MLJ, orang2 intel ads sdh mendapat “THR” dari ads. Ini sangat menyakitkan hati warga… Inilah fakta di lumpur, tak ada yang saya lebih2kan… Hal2 sprt ini membuat nama keluarga Bakrie menjadi “rusak” di mata korban lumpur.

Kepada Tempo, ia membocorkan bahwa pembentukan Setgab Korban Lapindo sebenarnya atas inisiatif Andi Darusalam Tabusala. Andi, katanya, ingin menyatukan kelompok-kelompok korban Lapindo agar lebih mudah dikoordinasikan. Tak heran apabila pembayaran sisa ganti rugi lebih diprioritaskan pada warga korban yang tergabung dalam Setgab Lapindo. “Cicilan ganti rugi itu diprioritaskan pada warga yang mau gabung Setgab.”

Ketua Setgab Korban Lapindo, Yudo Wintoko, menampik tudingan miring tersebut. Ia mengatakan, itu merupakan fitnah yang harus ditanggung dirinya sebagai seorang pemimpin. Yudo sendiri tetap mengapresiasi para korban Lapindo yang terus berjuang mendapatkan hak-haknya. Ia menuding, ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil alih kepercayaan warga dari Setgab Lapindo. “Mereka yang berjiwa kerdil ingin mengambil kepercayaan warga tapi warga tidak percaya. Mereka iri pada kita, itu hal manusiawi,” Yudo berkelit.

Setali tiga uang, Direktur Utama PT Minarak Lapindo Jaya, Andi Darusalam Tabusala, menanggapi dingin tudingan itu. Melalui pesan singkat, Andi hanya menjawab singkat, “Tidak benar.”

© DIANANTA P. SUMEDI | 04 AGUSTUS 2013 | http://www.tempo.co/read/news/2013/08/04/058502316/Lapindo-Bagi-bagi-THR-ke-Setgab-Korban

Tinggalkan komentar Anda:

Top
Translate »