Porong Terancam Bencana Banjir

“BMKG mempublikasikan 23 kecamatan di Jatim berpotensi banjir selama Februari,” kata pemerhati lingkungan Arif Rusdi di Surabaya, Jumat (5/2).

Selain Porong yang terkena dampak luapan Lumpur Lapindo, potensi banjir di Jatim terjadi di Kecamatan Glagah, Klabang, Prajekan, Bareng, Wonosalam, Panekan, Plaosan, Bumiaji, Dau, Lawang, Jatirejo, Pungging, Jogorogo, Kendal, Mantingan, Bangil, Kejayan, Purwodadi, Purwosari, Gading, Pakuniran, dan Tanggulangin.

“Kecamatan-kecamatan potensial banjir itu berada di Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jombang, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pasuruan, dan Sidoarjo,” paparnya.

Namun, katanya, potensi banjir juga dapat terjadi di kecamatan lain dengan curah hujan sedang, seperti di beberapa kecamatan di Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pamekasan, dan Pacitan.

“Dibandingkan dengan Januari, potensi banjir di bulan Februari lebih meluas. Kalau Januari, curah hujan tinggi hanya terjadi pada tujuh kecamatan yakni Glagah, Klabang, Wonosalam, Bumiaji, Jatirejo, Mantingan, dan Purwodadi,” tuturnya. (Ant/OL-01)

(c) Media Indonesia

 

Top
Translate »