Tanggul Kritis, Warga Khawatir

“Sejak 15 Januari, warga Desa Ketapang Barat merasa was-was.Warga menjadi sangat khawatir karena pihak BPLS tidak memberikan kejelasan yang kongkrit soal keamanan tanggul,” tutur Suprapto, 45 tahun, warga Desa Ketapang. Menurut Suprapto, tidak adanya kejelasan membuat warga stres, trauma, tidak bisa tidur. “Bahkan anak-anak takut pergi sekolah,” ujarnya.
Selain khawatir dengan kondisi tanggul yang sewaktu-waktu bisa jebol, warga juga cemas akan terjadinya banjir. Tahun lalu Desa Ketapang Barat tergenang banjir sampai selutut orang dewasa ketika musim hujan datang. Munculnya gas-gas liar yang tak juga berhenti juga menambah kegelisahan warga Ketapang Barat.
Warga Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, juga mengalami kecemasan serupa. Mereka khawatir, tanggul sisi utara, yang berbatasan dengan Desa Kedungbendo, akan jebol jika hujan terus-menerus turun. “Kami dan warga di sini khawatir jika musim hujan datang. Tanggul yang ada di belakang rumah sewaktu-waktu bisa jebol,” ujar Suparno, 48 tahun, warga Desa Gempolsari yang berjarak 300 meter dari tanggul.
Warga Gempolsari juga mencemaskan terjadinya banjir. “ Jika hujan dua jam saja bisa banjir di sekitar rumah saya,” tambah Suparno.
Sementara itu, warga di sisi timur tanggul juga tak luput dari kecemasan. “Warga di sini juga khawatir jika hujan datang bisa berakibat jebolnya tanggul penahan lumpur. Apalagi pihak BPLS tidak pernah memberikan informasi soal berapa bahaya tanggul penahan lumpur tersebut,” kata Rohim, 45 tahun, salah satu warga Besuki Timur.
Warga Desa Glagaharum, yang tinggal di sisi timur tanggul (bekas) Desa Renokenongo, juga cemas. Desa ini berhadapan langsung dengan tanggul. Sementara, hingga Jumat, 15 Januari, posisi lumpur dengan bibir tanggul hanya sekitar satu meter.
Warga berharap, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) memberi keterangan sejelas-jelasnya soal keamanan tanggul. Warga juga menginginkan, BPLS memberikan keterangan mengenai upaya menyelamatkan warga sekitar tanggul. Sehingga warga tahu, kapan dan di mana kalaupun harus direlokasi. (vik)
(c) Kanal News Room

Tinggalkan komentar Anda:

Top
Translate »